JobsExplore

Helping you to search your Jobs and ideas to life.

Tips : "5 Pedoman Etika Saat Interview"















Pakaian sepantasnya


Bila memungkinkan, amatilah kondisi perusahaan saat Anda hendak melamar, sehingga saat panggilan wawancara datang, Anda tidak salah kostum. Berpakaianlah setingkat di atas para pekerja yang ada, misalnya jika kebanyakan pegawai di sana mengenakan jeans dan kaos, maka Anda bisa mengenakan kaos dan celana kain. Jika mereka mengenakan celana dan kemeja, maka Anda bisa menambahkan blazer atau setelan.

"Untuk para wanita, disarankan menjauhi beberapa jenis busana, misalnya busana ketat, pakaian dengan potongan dada rendah, rok pendek, atau celana panjang yang kelewat ketat," ujar Pamela Holland selaku ahli etika di tempat kerja.

"Sedangkan untuk kaum pria, hindari kemeja yang bagian atasnya sengaja tidak dikancing rapi atau yang terlalu ketat, sehingga menonjolkan otot-otot mereka." tambah Holland.

Seperti yang pernah dikatakan oleh Shakespeare bahwa penampilan mencerminkan seperti apa orangnya. Yang penting di sini adalah tidak mengekspos bagian-bagian tubuh kita. Ingat, bahwa Anda di sana untuk mencari kerja, bukan jodoh.

Tepat waktu

Tidak ada alasan yang bisa diterima untuk keterlambatan seseorang saat interview. Sebab kebanyakan interviewer beranggapan bahwa bila untuk wawancara saja seseorang datang terlambat, apalagi bila sudah bekerja nanti. Ketidak-tepatan waktu menunjukkan bahwa ia tidak disiplin dan tidak bisa memperkirakan waktu dengan benar, dan itu berarti ia adalah seorang yang kurang menghargai pentingnya waktu.

Berjabat tangan

Jabat tangan merupakan komponen penting yang bisa mendukung kesan pertama. Malahan, para psikolog berpendapat ada kaitan erat antara kepribadian seseorang dengan cara ia bersalaman. Jadi, jabatlah tangan pihak interviewer dengan penuh kepercayaan diri (genggaman tidak terlalu keras, namun juga tidak terlalu lembek), dan pastikan kondisi tangan Anda kering dan bersih.

Perhatikan komunikasi non-verbal

Memainkan rambut, tertawa malu-malu, menatap berkeliling ruangan, atau berpandangan kosong saat diwawancara adalah hal yang wajib dihindari. Ingat, bahwa gerak-gerik Anda dipantau sejak Anda masuk ruangan. Jadi, pastikan bahwa Anda bergerak dengan penuh percaya diri.

Sambut interviewer dengan tatapan Anda, namun jangan sampai melotot padanya. Kenali sepintas bagaimana pembawaan interviewer, apakah ia orang yang kaku, supel, ramah, atau lainnya. Sesuaikan diri Anda dengan pembawaannya.

Hindari bohong atau membual

Wawancara kerja memberi para kandidat kesempatan untuk 'menjual kemampuan'. Dan, perusahaan ingin Anda meyakinkan mereka bahwa Anda layak untuk menerima jawaban "ya". Jadi, saat ditanya, Anda perlu berhati-hati dalam menjawab tiap pertanyaan yang dilontarkan.


Matikan!

Jika Anda tidak mampu menghargai aturan sopan santun mendasar yang ada dalam masyarakat pada umumnya, maka tidak ada perusahaan yang mau menerima Anda. Suara hp yang berdering kencang saat Anda sedang diwawancara jelas bukanlah hal yang ingin mereka dengar. Jadi matikan suara hp agar Anda bisa fokus pada wawancara yang sedang berlangsung.

Tinggalkan kesan yang baik

Saat interview hampir berakhir, maka jangan lupa mengucapkan terima kasih atas respon perusahaan terhadap lamaran kerja Anda. Tinggalkan kesan yang baik, entah Anda diterima atau tidak

Tips : "Mencari Kerja Via Internet"

















Lulus dari bangku sekolah atau kuliah, kini tiba saatnya untuk mencari pekerjaan. Dan kali ini Anda akan dipermudah dalam mencari pekerjaan melalui situs-situs online yang menyediakan informasi soal lowongan pekerjaan.


Mudah, murah, praktis dan cepat, ya itulah keuntungan yang bisa sekaligus Anda dapatkan dalam mencari pekerjaan melalui sistem online. Tapi hati-hati, jangan sampai Anda terjebak dan malah tertipu oleh situs-situs online tak bertanggung jawab. Untuk itu lihat tips-tips berikut sebelum Anda mencari kerja via internet.

Tips 1:

Pastikan bahwa website yang Anda jadikan referensi adalah website yang bisa dipercaya. Akun-nya jelas dan terpampang pula contact yang riil dan benar.

Tips 2:

Pilih website yang terpercaya untuk menjadi media promo diri Anda saat mencari kerja. Ciri-ciri media tersebut; mereka mempromosikan diri ke masyarakat secara besar-besaran dan hampir semua masyarakat luas tahu akan media tersebut.

Tips 3:

Masukkan data-data lengkap, terutama CV dan pas foto terbaru agar perusahaan yang melihat Anda tak kebingungan menghubungi Anda jika mereka tertarik pada Anda.

Tips 4:

Jika ada perusahaan yang menghubungi Anda, entah via email atau telepon, segera cek perusahaan tersebut apakah alamat yang mereka berikan asli.

Tips 5:

Jangan mencantumkan rekening tabungan Anda, sekalipun ketika ada pihak lain yang memintanya karena rata-rata semua media online yang menyediakan info lowongan kerja memberikan info secara gratis.

Tips 6:

Pilih posisi pekerjaan yang paling seusai dengan minat dan kemampuan Anda.

Selamat berburu pekerjaan :)

Lowongan BUMN PTPN XIII








Deskripsi Perusahaan:
PTPN XIII adalah BUMN Perkebunan dengan wilayah kerja di Kalimantan mengundang tenaga-tenaga potensial yang gigih, ulet, mau bekerja keras, berani menghadapi tantangan, memiliki motivasi tinggi dan punya integritas untuk menduduki posisi karyawan pimpinan, dengan latar belakang pendidikan sebagai berikut:

1. S1 Pertanian Program Studi:

  • a. Agronomi (Kode : TAN-A)
  • b. Sosial Ekonomi (: TAN-S)
  • c. Mekanisasi Pertanian (Kode : TAN-M)
  • d. Ilmu Tanah (Kode : TAN-T)

2. S1 Kehutanan :

  • a. Teknologi Hasil Hutan (HUT-T)
  • b. Budidaya Hutan (HUT-B)
  • c. Manajemen Hutan (HUT-M)

3. S1 Teknik :

  • a. Teknik Mesin Produksi (Kode : TEK-M)
  • b. Teknik Elektro Arus Kuat (Kode : TEK-E)
  • c. Teknik Sipil (TEK-S)
  • d. Teknik Industri (TEK-I)
  • e. Teknik Kimia (TEK-K)
  • f. Teknik Lingkungan (TEK-L)

4. S1 Ekonomi :

  • a. Akuntansi (AKT-E)
  • b. Manajemen (MNJ-E)
  • c. Studi Pembangunan (ISP-E)

5. S1 Informatika

  • a. Maintenance Data base (INF-M)
  • b. Programmer (INF-P)

6. S1 Sospol (SOS-D)

7. Psikolog (PSI -I)

8. S1 Hukum (HKM-H)

9. S1 Komunikasi (KOM-K)

10. Dokter Umum (DOK-U)

11. Dokter Gigi (DOK-G)

Persyaratan:

  • Warga Negara Indonesia, Lahir setelah 28 Februari 1983 (khusus Sarjana dari luar Perusahaan)
  • IPK Minimal 2,75.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan.
  • Diutamakan memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan bidang yang dilamar.
  • Diutamakan lancar berbahasa Inggris.
  • Karena sifat pekerjaan yang dilakukan, dibutuhkan laki-laki untuk Kode : TAN-A, TAN-S, TAN-M, TAN-T, TEK-M, TEK-E, TEK-S, TEK-I, TEK-K, TEK-L, HUT-T, HUT-B, HUT-M. Sedangkan kode AKT-E, MNJ-E dan ISP-E diutamakan laki-laki.
  • Kode INF-M menguasai data base SQL/Oracle.
  • Kode INF-P menguasai data base SQL/oracle dan berbasis web online, arch view, Map source, PHP dan Map Server.
  • Kode HKM-H menguasai permasalahan pertanahan dan SDM.
  • Kode KOM-K menguasai public relation.
  • Kode PSI-I telah menyelesaikan program profesi atau S2 Magister Psikologi.
  • Kode AKT-E S1 akuntansi atau telah menyelesaikan profesi akuntan.
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang menerangkan tidak pernah dihukum karena melakukan tindak kejahatan.
  • Surat Keterangan Sehat & Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter.
  • Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari Instansi atau Badan Hukum Pemerintah maupun Swasta.

Kirimkan aplikasi disertai fotokopi ijazah S1 dan transkrip nilai (dilegalisir), pas foto 4×6 terbaru 3 lembar (tulis nama di belakang masing-masing foto), Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup dan Pekerjaan) dilengkapi no. telepon/ponsel yang bisa dihubungi, fotokopi KTP yang masih berlaku, dan persyaratan administrasi lainnya seperti tersebut diatas, ditujukan kepada :

PANITIA SELEKSI XIII R 3
LEMBAGA PENDIDIKAN PERKEBUNAN
ASSESSMENT CENTRE
Jl. Jend. Urip Sumoharjo No. 100, Yogyakarta – 55222

Informasi Tambahan:

  • Sebutkan kode posisi / formasi dan tentukan pilihan lokasi tes di Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan atau Yogyakarta di sebelah kiri atas amplop lamaran.
  • Lamaran diterima Panitia paling lambat tanggal 25 Februari 2010.
  • Hanya pelamar yang memenuhi syarat dan kuota yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi.
  • Lamaran menjadi milik Panitia.
  • Company Profile, persyaratan dan tahapan tes dapat dilihat di website http://www.lpp.ac.id.
  • Pengumuman peserta yang dipanggil untuk mengikuti Tes Tahap I dapat dilihat melalui website LPP pada tanggal 15 Maret 2010.
  • Keputusan Panitia bersifat mutlak.
  • Panitia tidak melayani surat menyurat & telepon yang berkaitan dengan hasil tes.
  • Selama proses seleksi, akomodasi dan transportasi tidak ditanggung perusahaan.

Lamaran diterima paling lambat tanggal 25 Februari 2010

Lowongan Kerja Bank Mega














Description: PT Bank Mega Terbuka’s principal activity is providing general banking products and services. The Company’s products and services include personal, which consists of savings, lending, credit cards, e-banking and special services; corporate, which comprises corporate savings, corporate lending, special financing and corporate services; treasury, which includes bank notes, currency swaps and general foreign exchange; trade finance, which consists of money transfer, letters of credit, bank guarantees and standby letters of credit, and private banking. The Company is supported by 78 branch offices, 121 supporting branch offices and one cash office.

In strengthening our management team and to answer the challenges of rapid network expansion, we invite you as proven professional and competent talent to join us in the following positions:

HEAD OFFICE & REGIONAL

  1. Risk Management Division Head(RM)
  2. Network Management Division Head(NEM)
  3. Consumer Credit Division Head(CON)
  4. Electronic Banking Division Head(EBD)
  5. Liabilities & Fee Based Product Division Head(LFB)
  6. Service Division Head(SVC)
  7. Preferred Banking Head(PB)
  8. Asset Sales Department Head(ASD)
  9. HR & GA Senior Manager(HRG)
    Placement: Jakarta, Makassar, Medan & Bandung
  10. HR Specialist(HRS)
    Area: Recruitment, Talent Management, Organizational Development, Training Program Development.
  11. Credit Commercial Department Head(CRC)
  12. SME/UKM Department Head(SME)
  13. Prepaid Business DevelopmentManager(PRE)
  14. Electronic Banking Manager(EBM)
  15. Cash Management Manager(CAS)
  16. Senior Credit Analyst(CRA)
  17. Business Analyst Credit Card & Corp Function(ITC)
  18. Internal Control Staff(IC)
    Placement: Nation wide

CARD CENTER:

  1. Finance & Accounting Dept Head(FA)
  2. Corporate Sales & Direct Acquisition Dept Head(CDA)
  3. Collection & Recovery Staff(COL)

General Requirements:

Division Head(Executive Level):
Experienced in related field, executive level minimum 5 years

Department Head:

  • Experienced in related field, managerial level minimum 5 years
  • Strong leadership & mature personality
  • Experienced in property marketing
  • Knowledgeable in IT (no. 13, 14, 15, 17)

Staff:

  • Experienced in related fields minimum 1 year
  • Experienced in banking operation / credit minimum 2 years

BRANCHES:

  1. Branch Manager(BM)
  2. Account Officer SMFIUKM(AOS)
  3. Account Officer Commercial(AOC)
  4. Funding Officer(FO)
  5. Card Business Officer(CBO)
  6. Forex Officer/ Treasury Sales(FRO)
  7. Customer Service(CS)
  8. Teller(TL)
  9. Legal Officer(LO)
  10. Appraisal Staff(APR)

General Requirements:

  • Placement: Jakarta, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara
  • Experienced as Branch Manager in banking in 3 years (no. 1)
  • Target oriented & having good network (no.1-6)
  • Experienced in banking marketing/credit min 2 years (no.2-4)
  • Good personality, interpersonal & communication skill (no.7-8)
  • Bachelor Degree in Legal, experienced in Banking Legal Credit/ Law Firm (no. 9)
  • Bachelor Degree in Engineering, Economics or other related fields (no.10)
  • Hold P1-P2 certification (no.10)

Eligible candidates will be offered a challenging career and dynamic working environment as well as attractive remuneration package.

If you feel you are the right person to take up the challenges, we encourage you to send your application, CV and put position code on left top of the envelope to:

Human Capital – PT. Bank Mega, Tbk
Menara Bank Mega
Jl. Kapten Tendean Kav 12-14 A
Jakarta Selatan

Only the short-listed candidates will be processed is strictly confidential

Lamaran diterima paling lambat tanggal 23 Februari 2010